Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Iklan Perbaikan, Pembelaan, Bantahan & Tanggung Jawab Sosial

Contoh Desain - Contoh iklan tanggung jawab sosial kini kerap dicari banyak orang, tak heran karena iklan dapat menjadi sebuah pesan yang dibuat untuk memengaruhi seseorang untuk berbuat sesuatu. Selain itu contoh iklan keluarga juga sering dicari.

Contoh Iklan Tanggung Jawab Sosial


Pada dasarnya iklan dibuat sebagai media pemberi informasi yang bertujuan meyakinkan, mengingatkan, mendampingi, hingga memberi nilai tambah. Jenis iklan pun terbagi menjadi dua, yakni iklan secara khusus dan iklan secara umum.

Untuk jenis iklan secara khusus terdiri dari iklan baris, iklan cetak, iklan display, hingga iklan kolom. Sementara untuk iklan secara umum terbagi menjadi iklan tanggung jawab sosial, iklan perbaikan, iklan keluarga, iklan bantahan, dan iklan pembelaan.

Baca Juga : Gambar Banner Warkop Wifi

Contoh Iklan Tanggung Jawab Sosial

1. Contoh Iklan Tanggung Jawab Sosial

Iklan tanggung jawab sosial merupakan iklan yang bertujuan untuk menyebarkan pesan yang bersifat informatif dan mendidik, sehingga diharapkan dapat membangun sikap warga agar bertanggung jawab terhadap masalah sosial tertentu.

Sehingga iklan ini termasuk ke dalam iklan penggambaran sosial dan anjuran, yang berisi anjuran tegas kepada masyarakat terkait tindakan tertentu. Contohnya iklan hemat listrik, iklan lalu lintas, iklan peduli anak jalanan, dan lain-lain.

Contoh Iklan Tanggung Jawab Sosial

Contoh Iklan Tanggung Jawab Sosial

Contoh Iklan Tanggung Jawab Sosial

Artikel Terkait :

2. Contoh Iklan Perbaikan

Iklan perbaikan merupakan iklan yang dibuat untuk memperbaiki pesan-pesan terkait sesuatu yang sudah terlanjur di-publish dan disebarluaskan melalui media. 

Iklan jenis ini umumnya digunakan bagi media yang ingin meralat kesalahan tulis, dan dilakukan oleh organisasi penyelenggara atau panitia kegiatan yang terlanjur mengumumkan tentang informasi tersebut.

Contoh Iklan Perbaikan

Contoh Iklan Perbaikan

Contoh Iklan Perbaikan


3. Contoh Iklan Keluarga

Iklan keluarga merupakan iklan yang berisi pesan pemberitahuan atas terjadinya suatu peristiwa kekeluargaan kepada kerabat atau khalayak lainnya. Iklan jenis ini umumnya didesain dalam bentuk kolom atau display, dan dibuat oleh masyarakat guna menyatakan sikap tertentu kepada publik.

Contoh Iklan Keluarga


Contoh Iklan Keluarga


Contoh Iklan Keluarga

4. Contoh Iklan Bantahan

Iklan bantahan merupakan iklan yang dibuat untuk melawan atau membantah atas suatu isu yang merugikan serta guna memperbaiki citra diri seseorang, brand, atau perusahaan yang tercemar akibat informasi yang salah.

Iklan bantahan juga kerap dikaitkan dengan masalah hukum, baik perdata atau pidana. Karenanya iklan ini umumnya dilakukan oleh pihak yang tengah bersengketa di pengadilan.

Contoh Iklan Bantahan

Contoh Iklan Bantahan

Contoh Iklan Bantahan


5. Contoh Iklan Pembelaan

Iklan pembelaan sejatinya tak jauh berbeda dengan iklan bantahan. Perbedaannya pada iklan bantahan pihak pembuat iklan berada di posisi membantah, sementara iklan pembelaan pihak komunikator berada pada posisi membela komunikator.

Tujuan dari iklan pembelaan adalah memperoleh simpati dari khalayak jika seseorang, brand, atau perusahaan berada pada posisi yang benar. Jenis iklan ini kerap digunakan bagi biro hukum atau pengacara yang membela para kliennya. 

Contoh Iklan Pembelaan


Contoh Iklan Pembelaan

Contoh Iklan Pembelaan

Tujuan Iklan

Terdapat beberapa tujuan iklan yang harus diketahui, diantaranya :

  • Memasarkan produk atau jasa.
  • Memberikan informasi.
  • Membujuk konsumen atau masyarakat.
  • Mengingatkan konsumen atau masyarakat.
  • Membangun kesadaran.
  • Mengubah keyakinan akan suatu brand atau produk.
  • Membangun citra perusahaan.

Ketahui :

Itulah contoh iklan tanggung jawab sosial, perbaikan, keluarga, bantahan, pembelaan, dan lain sebagainya.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Contoh Iklan Perbaikan, Pembelaan, Bantahan & Tanggung Jawab Sosial"